Bagaimana Cara Input dan Edit Data Pegawai?

Menu pegawai digunakan untuk memanajemen data pegawai. Menambah data pegawai, mengatur atribut pegawai, menentukan lokasi dan lainnya.

Website Apps 

6.1.4 website apps - icon 3 (key)

Mobile Android

6.1.4 website apps - icon 2                                                                                                                              

Cara menambah pegawai :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Tekan tombol “+ Tambah Data” di versi web atau tekan tombol “+” di versi mobile.
  3. Masukan data pegawai sesuai dengan form.
  4. Kolom “PIN” harus berupa deretan angka unik dan tidak boleh sama, jika PIN di kosongkan system akan membuat kode PIN secara otomatis sejumlah 4 digit berupa angka.
  5. Kolom “Nomor Telepon” wajib disi yang berfungsi sebagai nomor yang dituju untuk mengirim SMS (seperti SMS reset kata sandi atau sms kode verifikasi lupa kata sandi)
  6. Tekan tombol “Simpan” diversi web atau “√” di versi mobile untuk menyimpan data.

Cara mengkoreksi data pegawai :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Pilih nama pegawai yang akan dikoreksi (gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama pegawai).
  3. Tekan tombol  untuk di versi web atau tekan nama pegawai dan tekan di versi mobile.
  4. Lakukan koreksi data sesuai kebutuhan.
  5. Tekan tombol “Simpan” di versi web atau “√” di versi mobile untuk menyimpan data.

Cara reset kata sandi :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Pilih nama pegawai yang akan direset (gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama pegawai).
  3. Tekan tombol untuk di versi web atau tekan nama pegawai dan tekan  di versi mobile.
  4. Tekan “ya” jika anda yakin akan mereset kata sandi, atau tekan “tidak” untuk membatalkan.

Cara mengatur jam keja pegawai :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Pilih nama pegawai yang akan atur jam kerjanya (gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama pegawai).
  3. Tekan tombol untuk di versi web atau tekan nama pegawai dan tekan icon di versi mobile.
  4. Tekan tombol “+ Tambah Data” di versi web atau tekan tombol “+” di versi mobile.
  5. Isi jam kerja yang akan di set, dan isi tanggal aktif jam kerja tersebut untuk menentukan kapan mulai berlakunya jam kerja tersebut

Jam kerja pegawai ini digunakan untuk menentukan aturan jam kerja pada sesseorang pegawai. Pegawai terkadang dimutasi dan ditempatkan pada suatu divisi tertentu dan aturan jam kerjanya juga berubah mengikuti divisi itu. Maka operator bisa menambahkan jam kerja pada pegawai itu. Berikut contoh jam kerja pegawai dapat di lihat pada gambar.

Contoh atas salah satu nama pegawai.

  • Tanggal 19/08/2016 di set jam kerja Full Time (billing)
  • Tanggal 01/01/2017 di set jam kerja Shift Pegawai (Pagi, Sore, Malam)

Website Apps

Mobile Android

mobile android pegawai smart presence

Cara lihat sample wajah :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Pilih nama pegawai yang akan direset (gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama pegawai).
  3. Tekan tombolsmile smart presence untuk di versi web atau tekan nama pegawai dan tekan liaht sampel wajah di versi mobile.
  4. Maka akan muncul sampel wajah yang didaftarkan.

Cara hapus pegawai :

  1. Masuk pada menu Data Induk > Kepegawaian > Pegawai
  2. Pilih nama pegawai yang akan direset (gunakan menu pencarian untuk mempermudah menemukan nama pegawai).
  3. Tekan tombol untuk di versi web atau tekan nama pegawai dan tekan hapus di versi mobile.

Menghapus pegawai berarti menghapus seluruh data pegawai tersebut, baik data pegawai, sample wajah dan riwayat presensi pegawai tersebut. Tolong berhati-hati menghapus pegawai. Jika operator masih menginginkan ada riwayat pegawai tersebut, sebaiknya pegawai di koreksi saja dengan status “tidak aktif”.