Download dan Install Data Capture

Datacapture adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam data presensi. Aplikasi ini hanya dapat berjalan di smartphone dengan Android OS. Untuk penggunaannya aplikasi ini bisa di pasang di salah satu smartphone yang disediakan oleh perusahan untuk semua pegawai atau bisa dipasang di smartphone masing-masing pegawai, tentunya ada aturan lokasi yang di terapkan untuk masing-masing pegawai.

Datacapture mengunakan “PIN” untuk indentifikasi siapa yang melakukan presensi dan “WAJAH” sebagai validasi keabsahan/Kebenaran yang melakukan presensi. Selain PIN, identifikasi melakukan presensi bisa dengan “BARCODE” dan “RFID”

1. Download dan Install Datacapture Mobile Android Apps

image download & install data capture

Pengguna dapat mengunduh Smart Presence Datacapture mobile android apps melalui Playstore dengan kata kunci “Bimasakti Smart Presence”. Atau mengunjungi website resmi Bimasakti Smart Presence di www.smartpresence.id dan scan barcode QR  yang berisi link yang mengarah ke google playstrore. Mobile Android Apps : Untuk pengguna smartphone android, dapat mendownload aplikasi di playstore dan otomatis aplikasi datacapture terinstall atau terpasang.

2. Verifikasi Kode

Sebelum digunakan, datacapture harus di daftarkan dahulu mesin/smartphone yang digunakan di aplikasi Dashboard. Setelah di daftarkan, maka mintalah kode verifikasi untuk mengaktifkan Datacapture. Untuk cara mendapatkan kode verifikasi klik disini.

Kode verifikasi terdiri dari 8 digit kombinasi 4 digit kode perusahaan di tambah 4 digit huruf kode acak.

image verifikasi kode 1.22 verifikasi kode 1.2

Setelah daftarkan perangkat pertama kali maka akan ditanya untuk nginjinkan beberapa fitur dari smartphone seperti :

  1. Mengijinkan mengakses kamera
  2. Mengijinkan mengakses GPS
  3. Mengijinkan Kirim pesan MMS

Seperti yang terlihat pada gambar sebelah kiri. Setelah semua pengaturan perijinan di ijinkan maka aplikasi datacapture bisa digunakan.

Di pojok kanan atas akan muncul icon sinkronisasi menunjukan mesin sedang melakukan sinkronisasi data ke server. Mengambil data pegawai yang diijinkan untuk melakukan presensi di mesin. Datacapture memiliki beberapa menu, untuk melihat menu bisa menekan tombol pengaturan yang ada di pojok kanan atas maka akan muncul menu Pendaftaran, Daftar Pegawai, Sinkronisasi, Lokasi, Informasi, Tutup aplikasi.

2 verifikasi kode 2.12 verifikasi kode 2.22 verifikasi kode 3